Setiap orang pasti pernah mengalami konflik dengan orang-orang
sekitarnya. Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi masalah agar anda tetap bisa
mempertahankan hak anda tanpa menciptakan suatu permasalahan baru? Berikut
adalah tips untuk mengatasi konflik ala pickthebrain.com
1. Tetap kalem
Jika ada orang berteriak-teriak karena marah kepada anda,
cobalah untuk tenang dan diam. Biasanya orang yang sedang marah tidak ingin
mendapatkan tanggapan dari anda. Jika anda membalas maka tanggapan anda
tersebut tidak akan didengar. Jadi anda akan rugi dua kali yang pertama emosi
anda meledak dan energi anda habis dan yang kedua tanggapan anda tidak
didengarkan.
2. Biarkan orang lain untuk berbicara terlebih dahulu
Orang yang sedang marah akan letih cepat atau lambat, itulah
tujuan mereka yaitu ingin didengarkan dan supaya mereka dianggap penting oleh
orang yang dimarahi. Maka biarkan orang tersebut marah dan meluapkan
perasaannya.
3. Tempatkan diri anda di pikiran orang yang marah
Berusahalah untuk berpikiran positif dan tempatkanlah diri anda
di keadaan orang yang marah. Mungkin orang yang marah memang sedang berada di
keadaan yang sulit sehingga tekanan ini yang membuatnya marah. Dengan
berpikiran seperti ini, anda tidak terpancing emosi dan bisa lebih tenang.
4. Tenangkan orang yang marah
Anda bisa menggunakan kata-kata “ya, saya mengerti yang anda
maksud” atau “ya, saya akan berusaha lebih baik lagi”. Kata-kata ini
menunjukkan bahwa anda mendengarkan keluhannya. Dengan menggunakan kata-kata
yang menyetujui keadaannya, ada mulai memecah kemarahannya sehingga kemarahan
bisa cepat reda. Jika keadaan sudah tenang, anda bisa kembali membahas ini
dengan pikiran yang lebih tenang.
5. Jika keadaan memburuk maka tinggalkan
Jika keadaan semakin memburuk dan membahayakan anda, maka lebih
baik anda meninggalkan ruangan tersebut dan katakan kepada orang yang marah
“saya tahu anda sedang marah, dan anda tidak bermaksud untuk mengatakan apa
yang anda katakan, karena itu saya akan biarkan anda untuk bertenang sebentar
dan kita bisa membicarakan hal ini nanti”. Kemudian anda bisa meninggalkan
ruangan. Jangan meninggalkan ruangan tanpa berpesan sedikitpun dengan orang
yang marah.
6. Jika anda salah, maka akuilah dan bertanggung jawablah
Jangan malu untuk mengakui kesalahan anda. Anda bisa mengatakan
“anda benar, saya salah, saya akan memperbaikinya”. Bahkan jika anda tidak
salah, nada bisa mengatakan “saya mungkin salah, coba kita lihat ini
bersama-sama”. Kata-kata ini adalah kata-kata mujarab dan sangat sulit untuk
berdebat lagi dengan orang yang sudah mengatakan ini.
Bekerjasama dengan orang yang pemarah memang tidaklah gampang.
Tapi kita akan menjadi orang yang lebih kalah jika kita ikut terpancing marah.
Kita juga bisa mengambil hikmah dari orang yang pemarah bahwa tidak ada satupun
orang yang merasa nyaman untuk bekerjasama dengan orang pemarah. Hal ini bisa
menjadi motivasi kita untuk tidak menjadi orang yang pemarah.





0 komentar:
Posting Komentar